5 Latihan Teknik Smashing dalam Bulutangkis untuk Calon Atlet

badmintonSmashing dalam bulutangkis memerlukan keahlian tinggi. Untuk memperoleh kemampuan smash kelas profesional, Anda memerlukan latihan keras dan rutin. Apalagi kalau ingin melampaui pencapaian Lee Chong Wei yang telah mencatatkan namanya dalam Guinnes World Records. Sebagai calon atlet, 5 latihan teknik smashing dalam bulutangkis ini akan membantu Anda menghasilkan smash yang keren.

  1. Latihan Teknik Jumping

Teknik jumping dalam bulutangkis yang terkenal di dunia bernama shuttlecock. Teknik ini terfokus pada ketepatan titik pukul antara raket dengan kok. Agar Anda sukses menguasai teknik ini, pastikan raket dan kok berada di atas kepala. Tangan Anda diluruskan dan jangkau shuttlecock setinggi mungkin untuk mendapat hasil smash yang keras.

  1. Latihan Timing

Teknik smashing dalam bulutangkis memerlukan timing yang pas. Latihannya bisa dilakukan dengan sering-sering memprediksi arah kok yang dipukul lawan. Dalam kasus ini, Anda memerlukan lawan yang mengerti cara-cara mengumpan tinggi. Semakin Anda sering latihan timing, pukulan smash akan lebih mantap. Berbeda dengan yang timingnya tidak pas.

  1. Latihan Kekuatan Tubuh

Tak bisa dipungkiri, saat seorang atlet terlalu sering smashing, energinya akan terkuras. Kalau fisiknya tidak kuat, bisa-bisa tumbang dalam dua set sekaligus. Untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh, Anda bisa melakukan latihan dengan jogging (memperkuat kaki), push-up (memperkuat pangkal lengan), sit-up (memperkuat perut), dan barbell (memperkuat otot tangan).

Kalau Anda memerlukan teman latihan, ajak saja seseorang. Atau kalau perlu ikuti pelatihan bulutangkis profesional agar Anda diajari banyak variasi teknik smashing dan membentuk kekuatan tubuh secara ideal. Di sanalah Anda akan banyak berinteraksi dengan atlet lain. Di sana pula Anda akan tumbuh dan berkembang menjadi atlet yang lebih baik.

  1. Latihan dengan Melempar Bola ke Tembok

Lakukan latihan ini dengan memegang bola memakai kedua telapak tangan. Pastikan pula posisi badan tetap tegap, tidak melengkung. Latihan ini akan membuat kekuatan tangan jadi lebih maksimal. Bola yang memantul dari tembok tidak akan memberi kesempatan Anda untuk menyerah. Semakin sering latihan ini dilakukan, pukulan smash bisa meningkat.

  1. Kembangkan Teknik Grip

Teknik grip bertujuan agar Anda mampu memegang raket dengan benar. Ini serius. Dalam memegang raket itu tidak sembarangan. Ada 4 teknik grip ala pebulutangkis profesional. Pertama, namanya American Grip. Kedua, Forehand Grip. Ketiga, Backhand Grip. Keempat, Combination Grip. Di antara keempat teknik itu, mana yang lebih baik? Tergantung selera Anda.

Kombinasi antara berlari, melompat, timing tepat, dan juga teknik grip akan menciptakan smash yang kuat. Memang di Indonesia belum ada yang mencatatkan namanya di buku rekor dunia sebagai atlet dengan kecepatan smashing tertinggi. Kelima urutan teratas sejauh ini dipegang pebulutangkis dari Malaysia, Denmark, India, dan China. Siapa tahu di tahun berikutnya nama Anda yang akan tercetak.