5 Tips Meningkatkan Kemampuan Dasar Berselancar untuk Pemula

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Dasar Berselancar untuk PemulaBerselancar bukalah olahraga yang bisa Anda kuasai dengan sekali latihan. Butuh banyak trial & error untuk membuat Anda bisa tahan berdiri di atas papan dan menyisir ombak. Sikap yang paling dasar untuk menguasai teknik awal berselancar adalah berani dan menikmati. Dengan dua sikap itu Anda sudah memiliki modal yang besar. Tinggal meningkatkan kemampuan dasar berselancar seperti poin berikut.

  1. Tidak Berselancar Sendirian

Risikonya sungguh besar apabila Anda tidak mengindahkan pantangan ini. Ombak kapan-kapan bisa berubah jadi ganas. Apa jadinya kalau saat Anda latihan sendirian, lalu terseret ombak? Sementara di sana tidak ada teman, maupun orang lain. Bagi seorang pemula, keadaan seperti itu mampu memicu kepanikan yang luar biasa.

  1. Pilih Guru yang Baik

Baik di sini maknanya relatif. Sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda menganggap guru yang tegas itu baik, maka pilihlah. Dengan memilih guru yang baik, Anda akan menjamin diri sendiri bahwa sepanjang latihan pasti menyenangkan. Fokus Anda tinggal pada bagaimana menaklukkan papan selancar dan ombak. Jadi konsentrasi tidak akan terpecah.

  1. Gunakan Papan Selancar Besar

Ini salah satu tips yang disarankan sang pakar untuk para peselancar pemula. Papan selancar akan membantu Anda meningkatkan teknik dasar berselancar. Tentu saja minim risiko jatuh. Jadi perlahan-lahan. Kalau Anda sudah mulai bisa menikmati dan menguasai, baru ambil papan yang lebih kecil.

  1. Melompat dan Langsung Berdiri

Kebanyakan peselancar pemula pasti akan menghabiskan banyak waktu untuk duduk, baru kemudian berdiri di atas selancar. Ini bukanlah sinyal yang bagus. Semakin sering kebiasaan ini dilakukan, semakin lama pula proses belajarnya. Lakukan latihan melompat dan langsung berdiri. Pilih papan selancar yang permukaannya terasa lembut, ya.

  1. Pilih Ombak yang Ramah

Wah, untuk seorang pemula, hindari pemikiran mau tampil keren. Misalnya dengan menantang ombak ekstrem yang biasa dihadapi oleh peselancar profesional. Setahap demi setahap saja. Ambil ombak yang ramah dan rendah. Tidak apa-apa belum tampak keren. Nanti lama-lama juga kemampuan Anda akan meningkat. Tenang saja.

  1. Dayung Papan Selancar

Sebelum berdiri alangkah baiknya Anda mendayung papan selancar untuk mendapatkan irama yang pas. Bukan malah duduk tenang sambil menunggu ombak datang. Bisa-bisa Anda malah dicaplok ombak. Kan tidak keren. Tugas Anda, lakukan proses pendayungan sampai mendapat irama yang pas. Jemput ombak itu dan taklukkan.

Banyak peselancar pemula yang gagal karena menyerah duluan. Padahal mungkin mereka tinggal satu tahap lagi bakal jadi peselancar kelas menengah. Satu-satunya batu sandungan mereka bernama rasa takut dan khawatir. Atasi dua perasaan yang merepotkan itu kalau Anda benar-benar ingin menguasai kemampuan dasar berselancar dengan baik. Nikmatilah apa pun yang Anda lakukan.